BERBAGAI JENIS KEUNGGULAN & KELEMAHAN SOFTWARE GRAFIS GRATIS

Hello Semuanya pada pertemuan ini, saya akan mencoba menjelaskan pada kalian semua tentang BERBAGAI JENIS KEUNGGULAN & KELEMAHAN SOFTWARE GRAFIS GRATIS .
SOFTWARE GRAFIS GRATIS

GIMP
GIMP adalah alat pengolah gambar multi-platform, GIMP adalah singkatan dari GNU Image Manipulation Program. GIMP cocok untuk berbagai pekerjaan pengolahan gambar, termasuk perbaikan foto, penggabungan dan pembuatan gambar. GIMP memiliki berbagai kemampuan. Software ini dapat digunakan untuk program paint sederhana, program perbaikan foto berkualitas tinggi, sistem pemrosesan batch online, produksi massal render gambar, konverter format gambar dan sebutan dari GNU Image Manipulation Program atau yang lebih dikenal dengan sebutan GIMP adalah perangkat lunak untuk manipulasi grafik berbasis raster. GIMP berjalan pada desktop GNOME dan dirilis dengan lisensi GNU General Public License.
GIMP pada awalnya dikembangkan untuk desktop X11 yang berjalan di platform Unix. Namun saat ini software ini sudah diporting ke beberapa platform sistem operasi yang lain yaitu MS Windows danMac OS.
Grafik yang dihasilkan oleh GIMP disimpan dengan format XCF dan bisa diekspor ke berbagai format gambar seperti bmp, jpg, gif, pdf, png, svg, tiff, dan masih banyak lagi yang lainnya.

KELEBIHAN GIMP

  1. lebih mudah dalam penyelesainan gambar atau foto, mengimport/mengeksport gambar atau foto ke ekstensi SVG
  2. mengedit layar teks lebih mudah
  3. mendukung berbagai macam format file
  4. bisa ditambahkan pulg-in seperti Adobe Photoshop dan plug-in nya ini gratis
  5. jika kurang cocok dengan tampilan awalnya, maka kita bisa mengganti tampilan awal tersebut
KELEMAHAN GIMP
  1. hanya mendukung 8 bits per-channel
  2. masih sedikit plug-in yang tersedia
  3. filter atau efek yang ditawarkan masih kurang, belum lengkap seperti Adobe Photoshop

 Blender 3D 
Blender merupakan OSS (Open Source SOftware) atau istilah lainnya software yang dapat di gunakan di berbagai macam OS (Operating System). Ini digunakan untuk dikembangkan secara komersial, tetapi sekarang dirilis di bawah GPL (GNU General Public License).

KELEBIHAN BLENDER 3D
  1. Tidak membutuhkan ruang kapastias yang banyak
  2. Software Open Source, jadi dapat dijalankan di operating sistem Linux
  3. Tidak berat saat melakukan render
  4. Dan mudah untuk digunakan

KELEMAHAN BLENDER 3D
  1. Tool yang dimiliki tidak lengkap seperti 3D Max
  2. Tampilan cukup berantakan
  3. Semua proses dilakukan dengan manual

Krita

Krita, software painting open source terbaik untuk Linux telah merilis versi terbarunya, yaitu versi 3.0, yang lebih baik dari versi sebelumnya.
Krita merupakan Software Open Source yang digunakan untuk membuat sketsa, menggambar, dan melukis. Software ini memiliki tool painting yang lengkap, juga di penuhi fitur penting yang membuat software ini banyak digunakan oleh para designer, dan seniman.
Software ini juga telah dipilih oleh French University sebagai pengganti Adobe Photoshop untuk digunakan oleh Mahasiswa di bidang Seni Lukis. Gambar di bawah ini merupakan salah satu contoh Lukisan yang di buat dengan Krita

KELEBIHAN KRITA
  1. open source
  2. lebih cepat dari photoshop
  3. bagus untuk gambar ilustrasi,komik

KELEMAHAN KRITA
  1. krita belum banyak yang mengetahui dan mengembangkan tutorial yang dapat dilakukan di krita.
  2. kurang peminat
  3. kurang promosi atau terkenal

MEDIBANG PAINT
Sama seperti SAI, Medibang punya fitur sensitifitas tekanan, customisable brushes, banyak fitur untuk mengontrol layer, dan masih banyak lagi. Tapi, yang membuat SAI kalah telak adalah kenyataan bahwa Medibang Paint itu gratis! Padahal segala fitur itu ditaksir harganya minimal $50.
Hebatnya lagi Medibang juga tersedia untuk ponsel dan tablet, sedangkan SAI tidak. Kelebihan lainnya adalah adanya lebih dari 800 screentones (background untuk manga), 50 brushes, hingga 20 manga font gratis untuk diunduh dalam sekali klik. Masih banyak lainnya yang belum disebut.
50 brushes di software ini termasuk G-Pen dan Mapping Pen untuk penintaan. Watercolor brushes untuk pewarnaan. Setiap brushes punya pengaturannya masing-masing yang akan membuatmu menemukan hasil yang tepat. Kalau kurang puas, kamu bisa membuat brushes kamu sendiri.
Untuk para komikus, ada fitur easy comic panel creation yang memudahkan kamu dalam membuat panel komik. Ada comic page management yang memungkinkan kamu menyimpan seluruh halaman komik dalam 1 file, dan mengatur urutan halamannya. Terakhir, fitur snap guide yang akan memudahkan kamu untuk membuat gambar perspektif dan speed line pada komik.
Untuk para pengguna mouse, Medibang menyediakan fitur curve drawing tool, dan fitur line correction. Kalian bisa bikin lineart dengan nyaman meski tangan mudah bergoyang. So tidak ada lagi garis bergelombang di karya digital kamu.
Kemudian, bagi kamu yang layar komputernya kecil. Medibang punya fitur larger workspace. Yeah, dengan menekan tombol Tab saja, segala peralatan bisa disembunyikan dan kamu bisa fokus bekerja pada gambarmu. 

KELEBIHAN MEDIBANG PAINT
  1. ada fitur cloud tersebut juga memungkinkan beberapa orang mengerjakan 1 file secara bersamaan
  2. open source
  3. Tidak berat saat melakukan render 

KEKURANGAN MEDIBANG PAINT
  1. palet warna yang tidak akan bisa dipakai sebelum iklan keluar
  2. masih sedikit plug-in yang tersedia
  3. kurang peminat


PAINT.NET
Untuk pemula, aplikasi paint.net sangat pas karena memiliki fitur yang cukup lengkap serta mudah digunakan. Beberapa fitur dasar yang dimilikinya adalah crop, memutar, membalik, mencerahkan, mengubah kolase, dan efek-efek dasar lainnya yang pasti kita butuhkan jika hendak mengedit foto. Menariknya, dengan beragam fasilitas yang disediakan, aplikasi paint.NET tidak memungut biaya bagi calon penggunanya yang hendak mengunduh aplikasi ini. hal ini tentu berbeda dengan aplikasi lain yang mengharuskan kita untuk membayar demi memperoleh aplikasi yang mereka sediakan
KELEBIHAN PAINT.NET

  1. Lebih nyata terlihat 3d
  2. Warna  lebih bagus, halus dan menyatu
  3. Bisa dipakai di windows Microsoft  Windows 98 , Me , 2000 , XP , Vista , 7 , 8 , 8.1 dan 10 
  4. Bisa disimpan dengan format PSD sehingga bisa diedit lewat Photoshop

KELEMAHAN PAINT.NET
  1. Tidak bisa memberikan pattern,
  2. Tidak bisa background, teks atau pengeditan lain yang seperti ada di photoshop
  3. cara nya lumayan ribet


Komentar

Postingan Populer