BERAGAM SOFTWARE GRAFIS BERBAYAR & GRATIS

Hello Semuanya pada pertemuan ini, saya akan mencoba menjelaskan pada kalian semua tentang BERAGAM SOFTWARE GRAFIS BERBAYAR & GRATIS .
Adobe After Effect
Ini adalah software untuk membuat efek yang dinamis, kemampuannya sungguh fantastis. Hampir semua efek yang mungkin Anda tonton di dalam film box office ternyata dibuat dengan software ini.


Seperti efek chaos di lalu lintas yang dimana mobil saling menabrak seperti di film Die Hard 4. Lalu efek tembus kaca seperti yang ada di film Get Smart.
Softwareini banyak diandlakan dalam pembuatan film. Tinggal membuat gambar yang cocok, lalu background pun tinggal diganti. Sehingga hal ini memungkinkan para pekerja film melakukan shooting dalam satu studio saja
karenatinggal menggunakan greenscreen, lalu dengan software ini greenscreen tersebut diganti backgroundnya menjadi gambar yang diinginkan, beginilah umumnya pembuatan film yang dilakukan para profesional.
DenganAfter Effect, desain anda bisa dijadikan bentuk animasi 3D, handwriting animation, grafiti, dan banyak lainnya.
AfterEffect sangat hebat digunakan untuk menambahkan efek-efek visual pada video, serta digunakan dalam desain layout.

Adobe Illustrator
Adobe Illustrator adalah software desain vektor terbaik, dengan fitur super lengkap dan canggih, namun software ini berbayar.
Hal ini seperti CorelDraw yang juga menjadi software vektor yang paling populer di Indonesia, karena harganya yang lebih murah dibandingkan Adobe Illustrator. Namun, patut diakui hingga saat ini Adobe Illustrator masih menjadi “raja” dari software desain vektor.
Fitur Adobe Illustrator dinilai lengkap, terdapat palet layar seperti yang ada di Adobe Photoshop, serta memiliki beberapa efek yang juga ada di photoshop.
Software ini sering digunakan pada desainer profesional dalam mendesain logo, banner / spanduk, mendesain gambar, sketsa, ikon aplikasi, kaos baju, ilustrasi dan banyak kegunaan lainnya.

Adobe Photoshop
Adobe Photoshop merupakan software desain grafis terbaik berbasis pixel (raster). Program ini telah menjelma sebagai aplikasi desain utama, yang bahkan dikatakan harus dimiliki oleh para desainer grafus di seluruh dunia.

Walaupun awalnya aplikasi ini dibuat untuk mengedit dan memanipulasi foto, tapi kemudian semakin dikembangkan, sehingga Photoshop memiliki fungsi yang beragam.
Kegunaannya bisa diandalkan dalam mendesain web, project layout dan graphic creation. Dengan perlengkapan yang kaya akan dwarna, serta hebat dalam mengolah gambar berbasis pixel.

 Corel Draw
Ini adalah saingin berat software Adobe Illustrator, dengan fungsi yang sama diantara keduanya. Hanya saja, Adobe Illustrator memang memiliki kualitas dan fitur yang lebih baik, namun masyarakat Indonesia lebih memilih Corel Draw karena harganya yang lebih terjangkau.
Banyak percetakan di Indonesia yang menggunakan software Corel Draw ini. Pengaturan layout-nya yang mumpuni dan cepat dalam pengerjaannya.

 LibreOffice Draw

Program ini gratis, yang bisa digunakan untuk membuat grafis, diagram dan grafik sederhana. Seperti namanya, program ini merupakan bagian dari software produktivitas LibreOffice suite yang bersifat open source.
Dengannya, Anda bisa membuat karya seni yang kompleks, disamping juga cocok untuk digunakan dalam membuat grafik dan diagram.

Google SketchUp
Aplikasi ini berguna untuk desain interior, sejak bulan Juni 2012, program ini sudah berganti pemilik dari Google menjadi Trimble Navigation Limited, dan namanya saat ini Sketch Up.
Sketchup digunakan untuk membuat model 3D, termasuk juga memiliki kemampuan untuk konversi gambar 2D menjadi 3D. Kegunannya biasanya untuk membuat obyek 3D profesional.
Fitur-fiturnya berupa menggambar (drawing), efek dan tekstur. Dengannya, bisa membuat gambar 3D tanpa batas, termasuk untuk membuat desain arsitektur, map, blueprint dan lainnya.
Fitur-fiturnya berupa menggambar (drawing), efek dan tekstur. Dengannya, bisa membuat gambar 3D tanpa batas, termasuk untuk membuat desain arsitektur, map, blueprint dan lainnya.


Paint.net
Ini merupakan software editing gambar gratis untuk Windows, terdapat alat editing gambar dengan beberapa fitur dasar dan canggih. Fitur-fiturnya cukup bisa diandalkan dalam pengeditan.

Blender
Software Blender ini gratis dan bersifat open source, berguna untuk membuat gambar 3D. Support untuk sistem operasi Windows, Mac, dan Linux.

Corel Photo Paint
Corel Photo Paint digunakan untuk untuk mengedit photo, kemampuan yang dimilikinya kurang lebih sama dengan Adobe Photoshop, seperti bisa memanipulasi gambar dan lainnya.

Seperti halnya Adobe Photoshop, software Corel Photo Paint ini merupakan software berbayar yang sangat bisa diandalkan dalam mengedit gambar.

Macromedia Flash
Software Macromedia Flash akan sangat penting bagi mereka yang hobi atau kerjanya sebagai desainer web, atau juga sebagai pembuat iklan. Software ini sangat bagus sebagai alat untuk membuat animasi.
Bahkan, software Macromedia Flash juga mampu digunakan untuk membentuk game. Para profesional pembuat desain animasi sering menggunakan software ini dalam memunculkan karya-karya yang hebat.

Inkscape


Inkscape adalah software alternatif yang bisa kamu gunakan dalam membuat vektor, dan desian grafis yang menggunakan format file SVG. Software desain ini juga bisa digunakan pada Windows, Linux OS, dan Mac.B


Pengguna Inkscape ditujukan untuk seorang desainer grafis profesional maupun bagi Freebuddies yang hanya ingin membuat gambar vektor, sketsa, memberi warna pada gambar, atau desain ilustrasi dengan mudah.
Kelebihan lainnya pada software ini yaitu memiliki tampilan antar muka yang sederhana dan mudah digunakan untuk semua pengguna. Software desain ini juga bersifat open source yang masih terus dikembangkan.

GIMP

Bagi sebagian orang, GIMP seringkali disebut sebagai alternatif dari Photoshop. Selain gratis, software GIMP juga bersifat open source, yaitu dapat dikembangkan oleh siapa pun.
Software ini dianggap sebagai salah satu software desain grafis terbaik karena fiturnya yang lengkap dan mudah digunakan bahkan untuk pemula.
Kelebihan utama GIMP adalah tampilannya yang cerah dan modern. Tentunya, karakteristik ini sangat cocok untuk para desainer muda.
Selain itu, kualitas grafis yang diberikan pun sangat jernih, sehingga mampu memberikan hasil desain grafis yang berkualitas.





Komentar

Postingan Populer